Awas Bahaya Facebook

AWAS BAHAYA FACEBOOK

Sebagai seorang muslim sudah menjadi kewajiban untuk saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran sebagaimana disebut dalam surah Al’ashr ayat 3, di bawah ini ada sedikit pemaparan tentang bahaya facebook.

“indones…ia magazine” yang berbasis di Prancis menyebutkan bahwa fb ini dimanfaatkan oleh intelejen Zionis berfokus pada pengguna Fb, terutama kepada bangsa Arab dan Muslim. kita tentunya masih ingat bahwa pergolakan di Tunisia tahun 2010 diplopori dari perkumpulan dan page pergerakan di facebook sehingga pemberontakan berkembang pesat berlanjut ke Libiya, Mesir , dan Negara Arab lainnya dan barat menamakan peristiwa ini dengan Arab spring atau musim semi Arab karena tumbuhnya gerakan-gerakan yang menginginkan revolusi.

Gerard Niroux, professor psikologi di Universitas Provence France yang juga menulis buku “The Dangers of The Internet” berkata: “FB adalah sebuah jaringan Intelejen Israel yang terdiri dari Psikolog yang memikat para pemuda dari dunia islam dan arab terutama negara2 yang terletak di dalam jangkauan konflik Israel-palestina disamping negera amerika latin.

Sempat Dilarang

Berbagai dampak negative Facebook sempat membuat pemimpin agama terkemuka Mesir Syeikh Abdul Hami Al-Atras mengeluarkan fatwa larangan pengggunaan fb, karena dinilai mempunyai kolerasi dengan tingkat perselingkuhan serta perceraian di negeri tersebut, dan kemingkinan seperti di Negara mesir ini bisa menjalar dan berkembang di Indonesia dan Negara islam lainnya.

Bagi remaja seringkali fb dijadikan ajang untuk mencari kekasih atau sekedar iseng dengan lawan jenisnya. Foto-foto dengan tampilan menarik atau bahkan menantang sengaja dipasang agar bisa dipandang dan dinikmati siapapun, padahal setiap photo yang diupload di fb akan tetap ada meskipun kita delete atau kita meninggal dunia, karena datanya masuk ke markas fb, dan jika url foto tersebut masih ada maka setelah di delete akan tetap bisa terlihat, padahal dalam islam umat islam terutama para wanita dilarang bertabarruja atau menampilkan perhiasan-perhiasannya seperti orang jahiliyyah, Allah Berfirman :
 

وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

“Janganlah kalian (wahai istri-istri Nabi) bertabarruj sebagaimana tabarruj orang-orang jahiliah yang awal.” (Al-Ahzab: 33)

Az-Zajjaj Abu Ishaq Ibrahim bin As-Sirrin berkata: “Tabarruj adalah menampakkan perhiasan dan segala yang dapat mengundang syahwat laki-laki

Ibnul Atsir berkata: “Tabarruj adalah menampakkan perhiasan kepada laki-laki yang bukan mahram (ajnabi). Perbuatan seperti ini jelas tercela. Adapun menampakkan perhiasan kepada suami, tidaklah tercela. Inilah makna dari lafaz hadits,‘(menampakkan perhiasan) tidak pada tempatnya’.” (An-Nihayah fi Gharibil Hadits)

karena perhiasan itu selayaknya diberikan kepada yang berhak, yaitu suaminya kelak. (mungkin dari sinilah menimbulakan banyak konflik dalam rumah tangga). 

Sebagian lain nekat memajang foto-foto mesra dengan pacarnya seolah telah menjadi pasangan resmi yang telah menikah (kami berlindung kepada Allah). Belum lagi waktu berharga yang terbuang percuma karena kebanyakan ber-fb ria. Menurut penelitian, rata-rata pengguna fb menghabiskan waktu lebih dari 55 menit/hari, tentu saja facebook sekedar sarana yang mengikuti selera dan kemauan pemakainya. artinya jadilah pemakai fb yang cerdas. 

Jadikan sarana tersebut untuk hal-hal yang positif, manfaatkan sekedarnya, dan tinggalkan beragam maksiat dan perdebatan (dengan menjamurnya grup-grup yang berisi perdebatan) yang sia-sia di dalamnya. Perdebatan dalam agama bisa menyebabkan kerasnya hati, dan diperparah lagi bahwa mayoritas pengguna fb adalah orang yang awam dalam agama atau masih puber atau baru mempelajari islam sedikit, sehingga debat kusir yang akan terjadi, jika debat antara orang yang sama-sama berilmu maka mereka akan salig menghormati dan menerima jika dalil orang yang menjadi lawan kita itu lebih kuat. 

Nabi Muhammad shållallåhu ‘alayhi wa sallam:

“Aku akan menjamin sebuah rumah di dasar surga bagi orang yang meninggalkan debat meskipun dia berada dalam pihak yang benar. Dan aku menjamin sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meskipun dalam keadaan bercanda. Dan aku akan menjamin sebuah rumah di bagian teratas surga bagi orang yang membaguskan akhlaknya.”

(HR. Abu Dawud dalam Kitab al-Adab, hadits no 4167)

Nabi Sulaiman ‘alaihissalam berkata kepada putranya:

“Tinggalkanlah mira’ (jidal, mendebat karena ragu-ragu dan menentang) itu, karena manfaatnya sedikit. Dan ia membangkitkan permusuhan di antara orang-orang yang bersaudara.” 

[Ad-Darimi: 309, al Baihaqi, Syu’abul Iman: 1897]

Imam Auza’i rahimahullah

“Jika Allah menghendaki keburukan pada suatu kaum maka Allah menetapkan jidal pada diri mereka dan menghalangi mereka dari amal.” [Siyar al-A’lam 16/104; Tadzkiratul Huffazh: 3/924; Tarikh Dimsyq: 35/202]

Muslim Ibn Yasar rahimahullah

“Jauhilah perdebatan, karena ia adalah saat bodohnya seorang alim, di dalamnya setan menginginkan ketergelincirannya.” 

[Ibnu Baththah, al-Ibanah al-Kubra; Darimi: 404]

Perdebatan di facebook mayoritas dalam perkara furuiyyah yang ijtihadiyah, padahal ada yang lebih utama dari pada itu yaitu persatuan umat islam dan bagaimana mendidik generasi muda untuk bias bertaqwa dan bisa menjadi pemimpin yang adil.

Facebook sekali lagi diibaratkan seperti pisau bermata dua, ia bisa “membunuh” jika di gunakan secara tidak benar dan berbahaya jika digunakan oleh orang yang punya niat jahat. Dan bisa berguna jika digunakan untuk berkomunikasi dan bersilaturahmi sesama saudara dan teman-teman, saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran.

Mohon sebarkan kepada saudara-saudara kita sesama muslim. Jazakumullah khair 
 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s